Persiapan Guru Al-Bayani Menghadapi Tahun Pelajaran 2020-2021

Cikarang, buletinnusantara – Diawal tahun ajaran baru 2020-2021 semua guru disibukkkan dengan persiapan perencanaan pembelajaran di sekolahnya masing-masing. Terlebih lagi pada kondisi saat ini, dimana hampir semua sekolah di Indonesia melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring atau luring akibat dampak covid-19. Dengan dilaksanakannya pembelajaran secara daring dan luring saat ini guru harus lebih pandai dan kreatif dalam membuat media pembelajaran, sehingga para siswa yang belajar dirumah tetap semangat dan merasa terus didampingi oleh gurunya.

Para guru TK dan SD Islam Al-Bayanipun tak kalah sibuknya menghadapi KBM yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun ini adalah tahun pertama para guru memberikan pelajaran secara online dengan berbagai media yang ada. Sehingga para guru Al-Bayani merasa terpanggil untuk memaksimalkan membuat media pembelajaran yang semenarik mungkin.

Dimulai dari tanggal 01 Juli 2020 para guru TK dan SD Islam Al-Bayani sudah mulai masuk ke sekolah dengan agenda kegiatan Rapat Kerja yang sudah disusuan kepala sekolah beserta Wakil kepala Sekolah. Agenda Raker ini direncanakan sampai dengan tanggal 10 Juli 2020, dengan berbagai macam materi pembahasan guna mempersiapkan Kegiatan Belajar Mengajar ditahun ajaran baru ini. Tim penyusun yang terdiri dari Bapak Salman Al Farisi,S.Pd.I sebagai kepala sekolah SD Islam Al-Bayani, Mis Iim Muslimah sebagai Kepala Sekolah TK Islam Al-Bayani, Ibu Kartikasari,S.Pd dan Ibu Yantina Ika,S.Pd sebagai Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Ibu Nurafifah, S.Pd.I sebagai wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan, dan Bapak Muhammad Nashirudin sebagai Wakil kepala sekolah bidang keagamaan. Mereka menjadi pemateri dalam agenda Raker tahun ini dengan tiga pembahasan inti diantaranya tentang Kurikulum, Kesiswaan, dan Keagamaan.

Selain dari Kepala sekolah dan Wakil kepala sekolah yang memberikan materi kepada bapak ibu guru TK dan SD Islam Al-Bayani, kami juga mengundang Ketua Yayasan Al –Bayan Cikarang Bapak Romdoni Sugianto Hasan,S.Pd.I dan beberapa narasumber dari pengawas TK-SD kecamatan Cikarang Utara, yaitu Bapak Komarudin, M.Pd dan Bapak Tata Supriatna, S.Pd,MM. beliau juga ikut memberikan materi terkait dengan administrasi guru, media pembelajaran online dan motivasi dalam pembelajaran online ditahun ini. Selain beliau juga ada narasumber yang diambil dari beberapa guru yaitu Ibu Nur’aini,S.Pd dan Ibu Atvin Usmawati, S.Pd. beliau berdua memberikan materi terkait dengan pembuatan video pembelajaran yang menarik dengan menggunakan berbagai macam aplikasi.

Pada tahun ajaran baru ini juga kami menerapkan metode baru untuk baca tulis alquran yaitu kita akan gunakan metode Annahdliyah. Maka demi mempersiapkan pembelajaran metode Annahdliyah secara maksimal, diadakan juga pendalaman materi kepada para guru BTAQ yang dilaksanakan pada tanggal 07 Juli 2020 dengan nara sumber dari Majlis Pembina Annahdliyah Kabupaten Bekasi yaitu Ust.Khamdi dan Ustadz Yusep.

Setelah kegiatan Rapat Kerja selesai ditanggal 10 Juli 2020, maka perlu adanya sosialisasi mengenai program dan rencana pembelajaran selama online ini kepada walimurid TK dan SD islam Al-Bayani. Maka dari itu kami adakan rapat awal tahun walimurid pada tanggal 13 sampai 17 Juli 2020, dengan memberikan jadwal yang berbeda tiap kelasnya, juga tentunya dengan menggunkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh sekolah.

Dihari yang sama pada tanggal 13-17 Juli 2020 tersebut kami juga mengadakan kegiatan MPLS yang kami berikan istilah disekolah kami dengan MASTAWA yaitu Masa Ta’aruf Siswa. Kegiatan ini berlangsung secara online, dengan diawali pembukaan MASTAWA secara live streaming melalui chanel youtube Al-Bayani Islamic School. Alhamdulillah semua dapat berjalan dengan lancar, walaupun ini adalah pertama kalinya mastawa secara online.

Tak sampai disitu, kami pun agendakan satu kegiatan lagi yaitu launching Annahdliyah dan pemilihan ketua Jam’iyah SD Islam Al-Bayani yaitu sebuah organisasi walimurid SD Islam Al-Bayani. Yang dilaksanakan pada hari senin 20 Juli 2020 yang dihadiri oleh para Kordinator Kelas Walimurid, Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru dan nara sumber Mabin Annahdliyah Kabupaten Bekasi. Alhamdulillah kegiatan inipun berjalan dengan lancar. Dengan terpilih sebagai ketua Jam’iyah SD Islam Al-Bayani periode tahun 2020-2021 yaitu Mamah Bani.

Setelah beberapa agenda persiapan tahun pelajaran baru selesai, mulailah kegiatan belajar mengajar secara online pada tanggal 20 Juli 2020. Berkat persiapan yang matang, semua guru sudah menyiapkan media pembelajaran dengan baik dan kreatif. Hampir semua guru membuat video pembelajaran yang menarik, sehingga para siswa tidak bosan dalam kegiatan belajar online kali ini. Beberapa pujianpun muncul dari walimurid kepada para guru karena media yang digunakan membuat pembelajaran online kalini berbeda dengan sebelumnya. Ada yang bilang “Dl btaq super lemot klu setor lewat wkt lama d buka skrng btaq langsung cuss”, ada juga yang bilang ” Alhamdulillah anak2 suka Sekali belajar dgn cara seperti ini buu,, belajar online seperti ada guru di dipan , dr pada dlu disuruh membaca dan mengerjakan tugas, mudah-mudahan semua pelajar seperti ini , anak2 jadib semangat”. Satu lagi ada yang bilang “Iya betul, kta kk albayani keren belajar nya, mantep jdi semangat, dan bgtu ad nyanyian bebek, si bayik auto ikutan pgn belajar.

Demikian sepenggal cerita persiapan para guru TK dan SD Islam Al-Bayani dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2020-2021. Semoga Allah memberikan keberkahan untuk para guru diamanapun berada khususnya para guru TK dan SD Islam Al-Bayani, sehingga ilmu yang diajarkan dapat bermanfaat dan dapat diamalkan oleh para anak didik kita.
Cikarang Utara, 23 Juli 2020

Oleh : Salman Al Farisi,S.Pd.I

Baca Juga
Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy