Buaya Laut Ditemukan Nelayan di Perairan Muara Kuntul

24

Bekasi, buletinnusantara – Seekor buaya besar berukuran tiga meter ditemukan di perairan laut Muara Kuntul, Desa Pantai Sederhana, Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jumat, 26 Agustus 2016, pagi tadi. Warga pun dibuat heboh dengan kejadian ini.

Hingga kini, setelah ditemukan oleh warga, buaya itu langsung dibawa oleh ke pemukiman yang berada di Kampung Pecah, RT2/4, Desa Pantai Bahagia, Muaragembong, Kabupaten Bekasi. Rencananya, buaya itu akan diserahkan warga ke penangkaran buaya milik pemerintah.

Nelayan yang menemukan pertama kali buaya besar itu, Sukra Wijaya (25), mengaku menemukan buaya ketika sedang menjaring ikan di Perairan Muara Kuntul. Namun tiba-tiba, alat jaring perangkap ikan miliknya malah menangkap buaya tersebut.

“Saya biasa sedang melaut untuk menangkap ikan. Tapi gak sengaja buaya itu tersangkut sero (jaring ikan) milik saya di lokasi,” kata Sukra, Jumat, 26 Agustus 2016.

Ketika menemukan buaya itu, Sukra, sempat panik. Sebab, dia tak menyangka buaya besar dengan ukuran tiga meter dan berat 150 kg, serta memiliki lebar 50 cm, itu terperangkap oleh jaring ikan miliknya. Dia pun langsung membawa ke daratan untuk memberitahu warga.

“Kaget soalnya belum pernah ada nelayan menemukan buaya di perairan laut. Dan ini baru kali pertama,” ujarnya.

Salah satu tokoh masyarakat di lingkungan Muaragembong, Kasna, mengatakan buaya besar yag ditemukan nelayan di perairan Muara Kuntul saat ini sudah diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pusat.

“Setelah ditemukan dan dilaporkan, kami pun menyarahkan kepada warga untuk menyerahkan ke pihak BKSDA pusat. Khawatir kalau dibiarkan dipelihara warga akan membahayakan,” kata Kasna

Baca Juga
Komentar
Loading...