Bertemu Menteri Pertanian Brazil, Fadli Zon Dorong Kerjasama Pertanian Indonesia – Brazil

Jakarta, Buletinnusantara.com – Selasa, 13 Desember 2016 waktu Brazil, dalam rangkaian Kunjungan Kerja ke Brazil, Wakil Ketua DPR RI yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Fadli Zon melakukan pertemuan dengan Menteri Pertanian, Peternakan, dan Logistik Brazil H.E. Mr. Blairo Borges Maggi. Pertemuan dilakukan di ruang kerja Mr. Blairo di kantor Kementerian Pertanian Brazil.

Fadli Zon datang bersama Ketua Badan Legislasi DPR RI Supratman Andi Agtas, dan didampingi Duta Besar Indonesia untuk Brazil Toto Riyanto.

“Indonesia merupakan negara yang memegang peranan strategi di Asia Tenggara. Brazil sangat mengetahui hal ini. Untuk itu, Menteri Pertanian Mr. Blairo ingin membangun hubungan yang baik dengan Indonesia dan juga negara-negara kawasan Asia Tenggara lainnya. Kitapun juga ingin menjngkatkan kerjasama dengan Brazil, terutama dalam hal pertanian.” kata Fadli Zon.

Perdagangan bilateral kedua negara, pada akhir 2015 tercatat sebesar 3,59 milliar US. Dalam bidang pertanian, investasi Indonesia di Brazil cukup signifikan, terutama dalam bidang tembakau, produksi etanol, gula, dan kertas.

“Selain membahas perdagangan dan perluasan pasar produk Indonesia ke Brazil, kami juga membicarakan rencana pertemuan ke-6 Komite Konsultatif Pertanian (Consultative Committe on Agriculture/CCA) sebagai jalan untuk membahas kerjasama potensial serta mengevaluasi kerjasama yang ada antara Indonesia dengan Brazil, khususnya di sektor pertanian. CCA sendiri sudah diselenggarakan sebanyak 5 kali sejak tahun 2007, dan terakhir dilaksanakan pada 2011,” kata Fadli Zon.

Setelah kembali ke Indonesia, Fadli Zon akan menyampaikan kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman agar segera melakukan komunikasi dengan Kementerian Pertanian Brazil.

Brazil yang kini sedang dilanda krisis ekonomi, bertumpu satu-satunya pada sektor pertanian. Komoditas unggulan Brazil antara lain daging sapi, sapi, gula, kopi, coklat, kedelai, dan buah-buahan. Brazil juga berhasil mengembangkan energi berbasis pertanian dengan bioetanol dan biodiesel yang digunakan untuk kendaraan mobil hingga pesawat.

“Banyak hal yang bisa ditindaklanjuti untuk meningkatkan kerjasama antara Indonesia – Brazil. Saya kira Menteri Pertanian kita harus melihat kesempatan ini,” ujar Fadli Zon. (Aris)

Baca Juga
Komentar
Loading...