Pesawat Emirates Airline Alami Kecelakaan di Bandara Dubai

13

Dubai, buletinnusantara – Sebuah pesawat Emirates Airline dari India mengalami kecelakaan saat pendaratan di Dubai International Airport para Rabu (3/8/2016). Belum ada laporan terkait korban jiwa atas peristiwa ini. 

Sejumlah foto yang beredar di media sosial memperlihatkan, asap hitam tebal terlihat membumbung dari atap pesawat nahas itu. Akun Twitter monitor lalu lintas udara Flightradar 24 mengatakan, akibat insiden itu, tidak ada pendaratan atau pemberangkatan dari Bandara Dubai. Menurut akun itu, pesawat nahas itu adalah jenis Boeing 777-300 A6-EMW dengan nomor penerbangan EK521 yang terbang dari Thiruvananthapuram, India.

Dilansir dari Reuters, seorang juru bicara Bandara Dubai menyatakan, seluruh penumpang dan awak kabin telah berhasil dievakuasi dan layanan darurat telah mengatur situasi ini.

Pilot pesawat Emirates EK521 menuai banjir pujian karena berhasil menyelamatkan 300 penumpang dan awak. Seluruh penumpang dan awak berhasil dievakuasi keluar pesawat yang terbakar.

“Pilot Emirates tampaknya mendaratkan (Boeing) 777 dengan ahli, dan meskipun ada api, masih tetap ada waktu untuk para penumpang keluar, menyelamatkan diri,” puji jurnalis dan blogger penerbangan yang berbasis di Amerika Serikat, Gerry Doyle, melalui Twitter seperti dilansir Daily Mail, Rabu (3/8/2016).

“Para penumpang pesawat Emirates nyaris dan lolos dari kematian.. Sang pilot layak mendapat pujian karena berhasil menyelamatkan begitu banyak nyawa,” ucap seorang jurnalis India dari ABP News yang juga memuji pilot pesawat Emirates EK521 itu.

Kapten pesawat, yang identitasnya belum diketahui, diyakini mengirimkan sinyal darurat sesaat sebelum pesawat bersiap mendarat. Seorang pilot yang menyaksikan insiden ini, menuturkan kepada NDTV bahwa pesawat mendarat dengan keras dan bagian ekor mengenai landasan terlebih dahulu.

Keterangan penumpang, seperti dilaporkan NDTV, menyebut pilot awalnya memberikan pengumuman bahwa dirinya perlu melakukan pendaratan darurat karena ada masalah pada roda pendaratan. Begitu pesawat mendarat di landasan bandara Dubai, awak kabin kemudian membuka seluruh pintu darurat.

Seluruh 300 penumpang dan awak dievakuasi secara cepat. “Dalam hitungan menit setelah mendarat,” sebut penumpang.

Salah satu warga Dubai, Girisankal Gangadhakan, menuturkan istrinya yang ada di dalam pesawat itu bersama ketiga anak mereka, menghubungi dirinya sesaat setelah pesawat mendarat. Mereka menyebut ada insiden pada pesawat, namun berhasil selamat.

“Saya tekejut ketika mendengar hal itu,” tuturnya.

Baca Juga
Komentar
Loading...