Pesantren Bersejarah di Bekasi Adakan Harlah dan Tahun Baru Islam

23

Cikarang Utara, Buletinnusantara.com – Yayasan pendidikan Albarkah dulu lebih di kenal dengan nama “Pondok Pesantren Albarlkah” salah satu pesantren tua bersejarah yang didirikan oleh KH Ahmad Muhtar dan KH Murtado Ahmad terletak di desa Tanjung Sari, Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi mengadakan peringatan satu Muharam tahun baru Hijriyah sekaligus hari ulang tahun (Harlah) ke 45, Minggu (02/10/2016).

Ratusan bahkan ribuan masyarakat termasuk para undangan tokoh masyarakat, pejabat pemerintah, Polri dan TNI berbaur dengan alumni dan santri hadir memadati lapangan halaman Albarkah mengikuti berjalannya kegiatan acara.

Peringatan Harlah ini di isi dengan berbagai rangkaian acara diantaranya santunan yatim, pentas seni, penampilan bakat prestasi santri, tablig akbar dan temu silaturahmi alumni dari berbagai lulusan tertua dan termuda. Banyak jebolan Albarkah yang sukses bermanfaat untuk orang banyak dan masyarakat di sekitarnya. diantaranya ada yang menjadi wakil bupati, anggota DPRD, Kepala Desa, Para Ustad, pekerja pabrik, bahkan banyak juga yang jadi Alim Ulama dan mendirikan pesantren.

Slamet Rahayu yang akrab dengan sebutan Amet selaku panitia pengarah dalam acara ini sekaligus alumni yang saat ini berkiprah menjadi pegawai instansi dinas pemerintah kabupaten Bekasi kepada buletinnusantara.com memaparkan,
“Cikal bakal Albarkah didirikan pada tahun 1913 M waktu itu dengan sebutan Madrasah Mu’alimin terletak di komplek satu Lemahabang jauh sebelum Indonesia merdeka saat itu dirintis salah satunya oleh KH.Hmad Muhtar (alm),” katanya

Pesantren Bersejarah di Bekasi Adakan Harlah dan Tahun Baru Islam

Pada tahun 1971 M, lanjut Amet, barulah Yayasan Albarkah berdiri menjadi formal dan lebih terkenal dengan sebutan Pesantren Albarkah saat itu dikembangkan oleh putranya yaitu KH.Murtado Ahmad (alm). kala itu para santrinya bukan hanya dari wilayah Bekasi, namun banyak juga dari Jawa ataupun luar Jawa. sampai saat ini Albarkah terus berkiprah dalam dakwah dan pendidikan turut sumbangsih mencerdaskan anak bangsa dibawah kepemimpinan KH.Syatiri Ahmad adik dari KH. Murtado Ahmad.

Satu Muharram menjadi sangat spesial bagi pesantren Al Barkah, pasalnya setiap Satu Muharram merupakan Harlah pesantren ini “satiap tanggal satu Muharram, Albarkah menetapkan sebagai hari ulang tahunnya dan terus akan menjadi agenda rutin tahunan, tujuan utama adakan Harlah dan Satu Muharram Tahun Baru Islam yaitu sebagai bentuk Syi’ar agama Islam agar umat Islam mengetahui bahwa tahun baru Islam itu bukan satu Januari, melainkan satu Muharam Bulan Hijriyah. Dengan Harlah Albarkah, seyogyanya para santri siswa siswi agar terus semangat berjuang dalam belajar menggapai prestasi cita-cita,” ujar Slamet Rahayu

“Albarkah sampai saat ini masih menjadi pilihan favorit yang tepat bagi para orang tua untuk menitipkan putra putrinya dalam pendidikan mulai tingkat TPQ, TPA, MDT, PAUD, SDIT, MTS dan MA yang bisa mengikuti perkembangan zaman sekaligus mengutamakan akhirat demi mencetak putra putri yang soleh dan solehah,” pungkasnya. (Taufik.S)

Baca Juga
Komentar
Loading...