Pengasuh YPP Halqoh El Istighotsah Singgung Kepemimpinan Pondok

Cikarang, Buletinnusantara – Pengasuh Pondok Pesantren Halaqoh El Istighotsah KH Hayatin Kauni yang akrab disapa Kiai Atin memberikan sambutan pada acara Milad Pesantren Halaqoh El Istighotsah ke-7 yang digelar Majlis kaum ibu, pagi, Sabtu (6/5/2017)

Dalam sambutannya Kiai karismatik itu mengatakan “Milad yg ke-7 ini ibarat usia anak balita berumur 7 tahun yang masih perlu proses perjuangan yang panjang, untuk mengukur keberhasilan kita semua tidak usah studi banding kemana-mana, cukup melihat dari sholat berjamaahnya kita, kalau diantara kita sholat berjamaahnya bagus Insya Alloh itu tanda kehidupan kita dalam keseharian juga bagus dan tanda akan bahagia dunia akhirat,” paparnya

Kiai menjelskan, prinsip solat berjamaah dengan ketentuan, “ada niat, ada imamnya, ada aturannya, ada jamaahnya. Dengan niat yang sama, lurus kepada Allah, maka amal kita akan diterima dan berhasil menjadi nilai ibadah, demikian juga untuk pengembangan pesantren ini, dengan niat yang sama dan bersama-sama seperti sholat berjamaah, maka pasti tujuan kita akan tercapai tanpa ada penyesalan apapun hasilnya nanti.
Yang kedua, dalam sholat berjamaah harus ada imamnya dan imamnya harus satu tidak boleh dua, sebagaimana agama kita, imamnya juga satu yaitu nabi Muhammad SAW, demikian juga dalam perkembngan pesantren ini, imamnya atau pimpinannya harus satu yang membawahi lembaga-lembaga lainnya agar segala visi misi pesantren tercapai dengan baik,” katanya

Lalu yang ketiga, sholat berjamaah harus ada aturan tertentu yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rosululloh dalam spesifikasi ilmunya disebut ilmu fiqih. Demikian juga Pesantren ini, harus mengikuti prosedur aturan yang sudah ditentukan lewat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADRT). Dan yang ke empat, aturan sholat berjamaah harus ada jamaahnya di belakang yang harus patuh mengikuti imam. Demikian juga proses pengembangan Pesantren ini harus di dukung oleh para jamaah atau warga dari berbagai elemen dan kalangan.

“Dan ahirnya, mudah2an dengan milad Halqoh ke-7 ini kedepan agar semakin luas manfaatnya untuk kita semua, keluarga kita, anak2 kita dan masyarakat semuanya,” tutup Kiai.

 

 

 

(Taufiq S)

Baca Juga
Komentar
Loading...