MENHAN Prabowo Subianto Serahkan Bantuan ALKES dari Tiongkok Untuk RS Rujukan Penanganan Covid -19

 

Jakarta,BuletinNusantara – Menteri Pertahanan H. Prabowo Subianto menyerahkan bantuan Peralatan Kesehatan dari Republik Rakyat Tiongkok yang akan dipergunakan untuk menghadapi penanganan virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

Bantuan Alkes dari Tiongkok tersebut diserahkan secara simbolis oleh Menhan kepada perwakilan Rumah Sakit yang ditunjuk sebagai Rumah Sakit rujukan penanganan Covid – 19, Senin (23/3) di Base Ops TNI AU, Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Acara penyerahan dihadiri Menteri Kesehatan Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K), Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Sestama BNPB Ir Harmensyah Dipl SE M, Sekjen Kemhan Laksdya Dr. TNI Agus Setiadji, Irjen Kemhan Ida Bagus Purwalaksana.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pertahanan (Kemhan) bersama Mabes TNI sukses menggelar operasi Bantuan Kemanusiaan (Humanitarian Aid) guna membawa alat-alat kesehatan dari Tiongkok untuk membantu Indonesia melawan penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Tanah Air.

Operasi Humanitarian aid yang digagas oleh Prabowo Subianto ini dilakukan oleh Kemhan dan Mabes TNI atas bantuan Kementrian Pertahanan (Kemhan) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) serta dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) sejumlah perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia.

Bantuan yang diberikan berupa alat-alat kesehatan (Alkes), seperti Rapid Test dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan guna menekan penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia. Kementerian Pertahanan RI bersama Mabes TNI mengambil langsung bantuan tersebut dengan menggunakan pesawat udara militer milik TNI AU. Pesawat angkut berat C130 Hercules itu berangkat Sabtu (21/3) ke Tiongkok, dan mendarat di Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta Senin (23/3).

Usai penyerahan secara simbolis, Menhan dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa penyerahan bantuan Alkes ini menunjukkan keseriusan pemerintah Republik Indonesia dan semua unsur. Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan pemerintah negara sahabat seperti Republik Rakyat Tiongkok dan perusahaan-perusahaan swasta dari Tiongkok dan dari Indonesia saling bekerja sama bergabung dalam rangka menghadapi ancaman Covid-19.

“Kita sangat serius memandang ancaman yang kita hadapi ini adalah ancaman untuk kita semua. Bukan saja seluruh bangsa Indonesia tapi juga seluruh dunia”, ungkap Menhan.

Menhan Ajak Bahu Membahu Atasi Penyebaran Covid-19

Dalam menghadapi ancaman Covid-19, Menhan mengajak semua pihak dan komponen bangsa saling bekerjasama yang baik dengan saling mendukung dan saling membantu. “Ini saatnya kita bersatu ini, saatnya kita bahu-membahu menghadapi ini, karena seluruh dunia dalam ancaman”, tandas Menhan.

Menhan lebih jauh menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua unsur-unsur yang telah bekerjasama, baik kepada pemerintah Republik Rakyat Tiongkok dan juga kepada perusahaan – perusahaan investor. Menhan juga menyampaikan terima kasih kepada TNI dan jajarannya yang menunjukkan sikap yang berani, yang gagah yang berkorban.

Pada kesempatan tersebut, atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, Menhan juga mengucapkan terima kasih kepada para dokter, perawat dan juga pekerja di rumah sakit yang berada di garis paling depan berjuang untuk bangsa dan negara menghadapi ancaman Covid-19.

“Kami kagum sama kalian, kami hormat sama kalian, para dokter, para perawat para pekerja di rumah sakit, kau pahlawan-pahlawan sekarang ini. Kami berjanji akan berbuat yang terbaik untuk mendukung kalian membantu rakyat Indonesia”, ungkap Menhan.

Menhan meyakinkan bahwa Presiden Joko Widodo bersama seluruh jajaran di pemerintah sedang dan akan lebih kerja keras lagi untuk menghadapi ancaman Covid-19. “Dan kita yakin, kalau kita bersatu kita yakin ini akan kita atasi. Kita tidak perlu panik tidak perlu risau, bahaya ada di mana-mana, tapi kita berani dan akan mampu mengatasi ini”, pungkasnya.| Aris.PJ

Baca Juga
Komentar
Loading...