Luapan Sungai Kali Paruk Sebabkan Banjir di Kabupaten Banyumas

Banyumas, Buletinnusantara – Sungai Kali Paruk di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah meluap yang dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi pada Rabu (27/01) pukul 13.30 WIB.

Hal ini menyebabkan banjir di Desa Pandansari, Kecamatan Pandansari dengan tinggi muka air kurang lebih 20 sampai 30 sentimeter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas melaporkan telah menurunkan personil untuk melakukan pendataan terkait kemungkinan adanya korban jiwa dan jumlah rumah warga yang terdampak. BPBD setempat juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan evakuasi dan membersihkan lokasi terdampak banjir.

Menurut kajian risiko InaRisk, Kabupaten Banyumas memiliki tingkat risiko banjir sedang hingga tinggi. Luas wilayah bahaya banjir mencapai 25.279 Hektar. Sedangkan risiko jumlah jiwa terpapar sebanyak 371.632 yang tersebar di 25 kecamatan.

Sementara itu menurut pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Banyumas, berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

BNPB menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan siaga menghadapi musim hujan yang akan berlangsung di beberapa wilayah hingga akhir Februari 2021. Masyarakat dapat memantau prakiraan cuaca melalui laman BMKG dan mengetahui risiko bahaya wilayahnya melalui laman Inarisk. [APJ/BN]

Baca Juga
Komentar
Loading...