DOA UNTUK NEGERI: FASIH Berkomitmen Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

buletinnusatara.com

JAKARTA- Forum Silaturahmi Hafiz-Hafizah Indonesia (FASIH INDONESIA) mengadakan kegiatan khataman Al-Qur’an via virtual dengan melibatkan pengurus dan anggota di Lima Zona, Depok, Bekasi, Tangerang, Jakarta, dan Bogor.

FASIH Indonesia didirikan untuk menyatukan dan menghimpun seluruh penghafal (hafiz) Al-Qur’an dengan berbagai latar belakang ormas.

“FASIH Indonesia adalah organisasi Hafizh-Hafizhah yang menaungi semua para penghafal Al-Qur’an dari berbagai latar belakang organisasi keagamaan dari seluruh Indonesia,” Kata Yakin Presidium FASIH Indonesia.

Organisasi penghafal Al-Qur’an ini telah berdiri selama dua tahun. Yakin menyebut bahwa pengalaman pilpres 2019 yang menyeret Al-Qur’an untuk kepentingan politik praktis adalah hal keliru. Karena itulah FASIH Indonesia berdiri untuk mengawal Al-Qur’an tetap sebagai pedoman dan petunjuk hidup yang benar.

“FASIH Indonesia telah berdiri selama 2 tahun. Latar belakang didirikan FASIH Indonesia adalah karena fenomena beberapa tahun silam saat kontestasi politik pilpres 2019, Al-Qur’an banyak dijadikan komoditas politik semata. Padahal Al-Qur’an harus menjadi pedoman dan petunjuk hidup yang benar, dan tidak boleh dijadikan alat untuk kepentingan kelompok tertentu, terlebih hanya untuk kepentingan politik,” jelasnya.

Selain khataman Al-Qur’an, kegiatan juga dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan santunan kepada anak yatim dan dhuafa pada hari Sabtu, 1 Mei 2021. Hadir dalam acara tersebut via virtual Dewan Penasihat FASIH Indonesia sekaligus Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. Nasaruddin Umar MA memberikan sambutan.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Nasaruddin Umar MA., mengapresiasi kegiatan FASIH Indonesia. Ia juga berpesan agar para  penghafal Al-Qur’an  tidak menjadikan alat untuk mengejar kepentingan duniawi apalagi  untuk  menyombongkan diri yang merusak masyarakat dan negeri.

“Jangan sampai hafiz dan hafizah Indonesia menjadikan Al-Qur’an hanya untuk mencari kenikmatan dunia apalagi hanya untuk ditukar dengan uang, apalagi untuk menyombongkan dengan tujuan merusak masyarakat dan negeri,” tuturnya.

Turut hadir juga Pengasuh Pondok Pesantren Ummul Quro Pondok Cabe  Tangerang Selatan KH. Syarif Rahmat sebagai penceramah.Dalam ceramahnya, Kiai Syarif mengingatkan  agar manusia tidak memperjualbelikan ayat Al-Qur’an  dengan tujuan yang salah. Seperti hujjah untuk melakukan tindakan terorisme,  aktivitas politik praktis, dan  menyesatkan umat.

“Jangan sampai  manusia memperjualbelikan ayat Al-Qur’an  dengan tujuan yang salah. Seperti menjadikannya hujjah tindakan terorisme, aktivitas politik praktis untuk mendulang suara, dan menjadikan Al-Qur’an  untuk menyesatkan  umat,” jelasnya.

Selain memperkuat silaturahmi pengurus dan anggota FASIH Indonesia serta masyarakat, salah satu tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mendoakan bangsa dan negara agar tetap aman, damai, sehat dan kuat dalam menghadapi situasi yang sulit seperti sekarang ini.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bukti bahwa FASIH selain mendoakan bangsa ini, juga mendukung penuh setiap langkah aparat penegak hukum dalam memberantas segala bentuk ekstrimisme maupun terorisme”, tutur Ainul Yakin.

Oleh karena itu, FASIH juga memberikan komitmen dan kesetiannya untuk terlibat aktif dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, dan menolak segala bentuk tindakan serta paham radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme.

Pada kegiatan tersebut, FASIH Indonesia juga menyampaikan deklarasi terkait komitmen terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.

 

  • Poin-poin Deklarasi:
  1. Menolak segala bentuk tindakan radikalisme dan ekstremisme.
  2. FASIH Cinta dan Setia kepada NKRI.
  3. Mendukung penuh setiap langkah aparat Polri dan TNI dalam mengikis habis segala bentuk tindakan radikalisme dan ekstrimisme.
  4.  4.Meneguhkan komitmen kebangsaan/ toleransi dalam bingkai kebhinekaan.
  1. Memegang teguh prinsip-prinsip Al-Qur’an dalam mendakwahkan Islam yang wasathiyah (moderat).
Baca Juga
Komentar
Loading...