Suara Pengurus NU di Jawa Tengah, Berharap Muktamar NU Tahun 2022

 

Jepara, buletinnusantara – Melihat dan mencermati antusiasme nahdliyyin – nahdliyyat berkenaan dengan rencana dan persiapan Muktamar ke-34 NU di Lampung, PCNU Kabupaten Jepara berdoa dan berharap kiranya penyelenggaraan even akbar NU tersebut benar-benar bisa memberikan dampak baik bagi kemaslahatan nahdliyyin pada khususnya, dan kemaslahatan umat pada umumnya.

“Terkait hal ini, perkenankan kami menyampaikan, pertama, mengingat situasi pandemi yang masih belum sepenuhnya terkendali, kami berharap semua tetap bisa mengedepankan hati nurani dan rasionalitas untuk menjadikan prioritas keselamatan jiwa (hifd annafs) di atas segala-galanya. Menjaga keselamatan jiwa, bagaimanapun, adalah bagian dari menjaga agama itu sendir,” Kata Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Jepara, KH Hayatun

Kedua, ia melanjutkan, berangkat dari hati nurani dan akal sehat ini, tidak ada ruginya apabila semua elemen, sekali lagi, mendengar dan menela’ah penjelasan dari para ahli dan tentu saja penjelasan Pemerintah, terkait perkembangan penanganan Covid-19. Jangan sampai kerja keras semua pihak untuk mengendalikan dampak pandami ini sia-sia hanya lantaran kurangnya kita mendengar dan bersabar.

“Ketiga, tanpa bermaksud membandingkan, penyelenggaraan ibadah haji 2021 yang kami rasa jauh lebih krusial bisa dan telah ditunda semata memperhatikan aspek perlindungan jiwa para jama’ah. Muktamar NU yang bersifat agenda intern organisasi, hemat kami juga bisa menggunakan pendekatan/kaidah yang sama,” lanjutnya

Masih kata Kiai Hayatun, Keempat, kami berpendapat, selain faktor persiapan dan kesiapan internal, kondisi faktual pandemi, amat penting sebagai bahan pertimbangan waktu penyelenggaraan Muktamar. Harapan kami, Muktamar ke-34 NU dapat digelar selambatnya pada triwulan pertama tahun 2022, atau menyesuaikan dengan rekomendasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

 

Baca Juga
Komentar
Loading...