Konferensi Internasional, Islam and Sustainable Development

BULETIN NUSANTARA, BANDA ACEH – Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyelenggarakan konferensi internasional dengan menghadirkan Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan 12 M Jusuf Kalla dan Wakil Presiden Indonesia K.H. Ma’ruf Amin sebagai pembicara utama.

Kegiatan International Conference on Islamic Studies (ICIS) Tahun 2021 yang mengusung tema “Islam and Sustainable Development” berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 4-5 Oktober 2021 secara virtual dan dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Agama RI, Dr Zainut Tauhid Sa’adi MSi.

Dalam amanatnya, Wakil Menteri Agama RI Dr Zainut Tauhid Sa’adi MSi berharap melalui kegiatan konferensi tahunan yang diselenggarakan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh akan melahirkan suatu rekomendasi penting bagi pembangunan masyarakat Islam di Indonesia, apalagi Aceh merupakan kawasan Serambi Mekkah, yang sejak dari dulu sangat terkenal dengan kebudayaan Islam nya.

Selain itu, Wakil Menteri Agama RI Dr Zainut Tauhid Sa’adi MSi juga menginginkan agar hasil-hasil diskusi selama pergelaran ICIS ini dapat memberikan manfaat bagi penguatan program-program di lingkungan Kementerian Agama sendiri.

“Saya sering tegaskan kepada para pimpinan Kampus bahwa transformasi tersebut hendaknya tidak semata dipahami sebagai peningkatan anggaran atau penambahan jumlah prodi belaka. Tapi lebih dari itu adalah ‘hijrah’ perguruan tinggi Islam, dari penekanan awal sebagai lembaga dakwah ilmu-ilmu agama, menjadi institusi yang memiliki tradisi riset yang baik, menjadi kampus yang mampu mengintegrasikan ilmu-ilmu keislaman dengan sains dan teknologi, serta menjadi rumah yang nyaman bagi dosen dan peneliti untuk menghasilkan temuan-temuan berkualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pengetahuan dan keilmuan global,”kata Wakil Menteri Agama RI Dr Zainut Tauhid Sa’adi Msi dalam arahannya, Senin (4/10/2021) saat membuka acara ICIS 2021.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Dr H Gunawan Adnan MA PhD dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden Indonesia K.H. Ma’ruf Amin, Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan 12 M Jusuf Kalla yang telah berkenan menjadi pembicara utama pada konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Sebelumnya, ketua pelaksana ICIS 2021, Dr Phil Abdul Manan MSc MA menjelaskan bahwa melalui konferensi internasional ini diharapkan mampu memberi pencerahan kepada masyarakat, pemerintah daerah, para akademisi, mahasiswa, birokrat dan para pakar untuk menggali ide dan gagasan tentang pembangunan yang bisa digunakan untuk Aceh ke depan guna menyongsong 2045 dan Visi Aceh Hebat untuk mengejar dari ketertinggalan.

“Kegiatan ICIS ini diikuti oleh seribu lebih peserta baik sebagai peserta aktif maupun pemakalah. Turut dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional, para menteri era SBY, Forum Rektor PTN/PTKIN se Indonesia,” kata Abdul Manan dalam laporannya.

Selain menghadirkan tiga narasumber utama, konferensi tahunan ini juga menghadirkan pembicara lainnya seperti Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional RI Sofyan Djalil, Menteri Agama RI periode 2014-2019 Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Taman Iskandar Muda, Jakarta Surya Dharma serta akademisi dan peneliti dari Fatoni University Prof Sukree Lungputeh PhD, Prof Amin Abdul Aziz PhD dari Universiti Brunei Darussalam, Prof Ts Dr Mohd Sobhi bin Ishak dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Prof Wen Chin Ouyang PhD dari SOAS University of London dan Prof Adham Hamawiya PhD dari Al-Baath University of Suriah. (hud)

Baca Juga
Komentar
Loading...