Wapres Dampingi Presiden Hadiri Peringatan HUT Ke-76 TNI di Istana Merdeka

BULETIN NUSANTARA, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin hari ini mendampingi Presiden Joko Widodo hadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (05/10/2021).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara tersebut dimulai dengan penghormatan kepada Presiden dan Wakil Presiden yang dilanjutkan dengan lantunan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, upacara dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga oleh perwakilan prajurit.

Hal berbeda tampak pada peringatan HUT TNI tahun ini, yaitu adanya pameran sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik negara di sekitar Istana Merdeka Jakarta.

Usai upacara, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta Wapres K.H. Ma’ruf Amin dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin meninjau pameran alutsista.

“Dalam rangka hari ulang tahun TNI yang ke-76, kita memamerkan alutsista kita dan ini juga sebagai sebuah bentuk transparansi kepada publik bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan-peralatan ini,” ujar Presiden.

Adapun beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yaitu dua unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personnel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Selain itu, ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Presiden berharap adanya pameran alutsista ini dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai peralatan alutsista yang dimiliki oleh TNI, khususnya peralatan yang jarang diketahui seperti peluncur roket Astros (Artillery Saturation Rocket System).

“Kita harapkan publik, masyarakat bisa tahu bahwa kita misalnya telah memiliki Astros. Astros in isebanyak 56, ini roketnya bisa meluncur jarak 39 km,” jelas Presiden.

Tampak hadir sejumlah pejabat negara, seperti Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo. (hud/Setwapres)

Baca Juga
Komentar
Loading...