Wapres Minta Perkuat Membangun SDM Unggul Melalui Pendidikan di Papua

BULETIN NUSANTARA, MANOKWARI – Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu program prioritas pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Menurut Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, upaya peningkatan kualitas SDM tersebut dilakukan melalui pendidikan baik pendidikan umum maupun vokasi.

“Memang salah satu prioritas kita adalah membangun SDM yang unggul, yang memiliki daya saing, dan saya minta di Papua ini diperkuat,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat melakukan pertemuan dengan sejumlah Pimpinan Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam dan Tokoh Agama di Kantor MUI Provinsi Papua Barat, Jl. Drs. Esau Sesa, Manokwari, Jumat (15/10/2021).

Bagi umat Islam, tutur Wapres, masalah pembangunan SDM merupakan persoalan agama. Sebab menurutnya manusia diciptakan untuk memakmurkan bumi sebagaimana tercantum dalam Al-Qur’an.

“Nah untuk memakmurkan bumi itu harus ada kunci-kunci sebabnya, yakni SDM yang berkualitas,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Wapres mengapresiasi Ormas-Ormas Islam, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah yang terus konsisten mengembangkan pendidikan, khususnya di Papua Barat.

“Saya kira memang salah satu program yang kita dorong percepatan itu adalah masalah pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, yang semuanya saling berkorelasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wapres mengatakan bahwa sebagai salah satu wujud komitmen untuk meningkatkan kualitas SDM Papua melalui pendidikan, pemerintah telah membangun Asrama Nusantara di beberapa kota untuk anak-anak Papua yang menempuh pendidikan di luar Papua.

“Insya Allah ini memang tekad kita,” tegasnya.

Bahkan, menurut Wapres, di dalam Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) Papua yang baru, komitmen pemerintah ini juga lebih ditegaskan lagi dengan meningkatkan dana Otsus dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang semula 2% menjadi 2,25%.

“Hal ini supaya kita mempunyai SDM yang unggul, yang memiliki daya saing,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam pertemuan ini Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Bupati Manokwari Hermus Indow, Ketua MUI Papua Barat Ahmad Nausrau beserta jajaran, serta sejumlah Pimpinan Ormas Islam dan Tokoh Agama Papua Barat.

Turut mendampingi Wapres di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (hud/setwapres)

Baca Juga
Komentar
Loading...