Rayakan Puncak Hari Santri, PBNU Gelar Amanat Santri Nasional

BULETIN NUSANTARA, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) malam ini menggelar puncak peringatan hari santri nasional tahun 2021 melalui amanat PBNU yang akan disampaikan oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. Acara disiarkan langsung melalui TVNU dan saluran chanel youtub lainnya di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Jum’at (22/10)

Saat ini juga sedang berlangsung semaan Qur’an oleh JQH PBNU di masjid An Nadhloh, Gedung PBNU sejak pagi hari.

Sebelumnya, PBNU juga telah menerbitkan surat edaran yang berisi imbauan dan instruksi kepada seluruh Nahdliyin, jajaran kepengurusan NU bersama badan otonom dan lembaga di seluruh tingkatan, serta asosiasi pesantren di bawah naungan NU untuk menggelar Apel Hari Santri pada Jumat (22/10/2021) pukul 08.00 waktu setempat, di daerah masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Instruksi ini bertujuan untuk mengisi dan memeriahkan Hari Santri 22 Oktober 2021 melalui penyelenggaraan kegiatan-kegiatan dengan spirit perjuangan Resolusi Jihad NU pada 22 Oktober 1945. Terbitnya Fatwa Resolusi Jihad menjadi tonggak sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia setelah diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.

“Berkat rahmat Allah, peperangan yang terjadi melawan penjajahan oleh para ulama dan santri sebagai bukti nyata bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia diperoleh atas perlawanan dan pengorbanan pahlawan. Hubbul wathan minal iman, nasionalisme bagian dari keimanan, menjawab keraguan atas propaganda yang dilakukan oleh Belanda dan sekutunya,” demikian bunyi surat edaran PBNU pada Kamis (21/10/2021) malam.

Selain Apel Hari Santri di daerah masing-masing dengan proses ketat, Nahdliyin juga diimbau dan diinstruksikan untuk mengikuti acara 1000 Khotmil Qur’an, Shalawat Nariyah, dan Amanat Hari Santri PBNU yang akan dilangsungkan pada Jumat (22/10/2021) malam.

Acara itu akan berlangsung pukul 18.30-20.30 WIB bertempat di Gedung PBNU. Namun, Warga NU di seluruh Indonesia dapat mengikutinya secara virtual melalui zoom dengan meeting ID 864 9548 1428 dan passcode-nya adalah SANTRI. (hud)

Baca Juga
Komentar
Loading...