Kegiatan Rutin Donor Darah Komunitas Radio Retrosquad

buletinnusantara.com – Jakarta, Sebagai insan manusia yang punya rasa kepedulian akan sesama, sudah selayaknya kita harus bisa berbagi dalam segala bentuk pemberian baik secara material, spirit dan tenaga. Kegiatan donor darah salah satunya, yaitu kegiatan sukarela yang dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain.

Adalah Retrosquad Radio yang tak lain adalah hanya sebuah komunitas kecil pecinta musik klasik tanah air. Lewat wawancara bersama salah satu pengurus Vemy Adriansyah menyampaikan; “Retrosquad ingin punya sebuah komitmen bersama untuk terlibat dalam kegiatan yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat dan ketika mereka membutuhkan kami ada buat mereka. Kami ingin bisa berbagi kepada sesama lewat berbagai hal yang bisa kami lakukan salah satunya dengan mengikuti kegiatan donor darah bersama PMI karna kami adalah bagian dari masyarakat itu sendiri”. Ungkapnya dalam wawancara di Hotel Neo Tendean, Jakarta.

American Association of Blood Banks menyebutkan bahwa umumnya, sekali mendonor, darah Anda akan diambil sebanyak sekitar 500 ml. Ini kurang lebih 8% dari total keseluruhan darah Anda.

Prosedur ini bisa jadi dilakukan dengan menyumbangkan darah utuh atau komponen darah tertentu, seperti trombosit atau plasma. Jumlah yang diberikan dalam prosedur donor darah komponen darah tertentu ini akan bergantung pada tinggi badan, berat badan, dan jumlah trombosit Anda.

Donor darah di Indonesia diatur oleh Peraturan Pemerintah No. 2/2011 tentang pelayanan donor darah yang diatur oleh Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai tujuan sosial dan kemanusiaan.

Prosedur ini di bawah pengawasan PMI juga dijamin UU No. 36/2009 tentang Kesehatan, bahwa pemerintah bertanggung jawab atas pelaksanaan pelayanan donor darah yang aman, mudah diakses, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Vemy tamvan sapaan akrabnya menambahkan; “donor darah untuk kemanusiaan adalah motto kami, karena kami tahu bahwa satu orang pendonor sangat berharga untuk nyawa bagi kehidupan seseorang. Ayoo teman teman ikut jadi pendonor seperti kami karena hidup lebih sehat adalah pencapaian yang mutlak” ungkapnya sebagai penutup wawancara.

Baca Juga
Komentar
Loading...