Hadir di Sidang Promosi Doktor, Ini Pesan KH Marsudi Syuhud

Bogor, Universitas Pakuan Bogor menggelar sidang terbuka Promosi Doktor di Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/6/2022). Acara ini dihadiri Wakil Ketua Umum MUI yang juga Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah, KH Marsudi Syuhud.

Dalam kesempatannya Kiai Marsudi menyampaikan untuk menpai gelar Doktor harus dengan usaha keras serta memanfaatkan ilmunya harus lebih keras lagi.

“usaha untuk berhasil menjadi Doktor adalah usaha keras, namun harus lebih keras untuk usaha memanfaatkan ilmu doktornya,” katanya di hadapan Penguji dan Promotor Candidat Doktor Maria Cleopatra dan Sarah Syahrazat.

Setelah memiliki ilmu, lanjut Kiai yang akrab disapa Abah, setingkat Doktor harus punya satu ilmu untuk memanfaatkan ilmunya sendiri. Ilmu untuk memanfaatkan ilmu adalah usaha keras, mencoba atau eksperimen, melantingkan gagasan-gagasan, memimpikan hal-hal yang harus dicapai, merealisasikan hasil-hasil risearch. Kemudian melanjutkan dan melengkapi karya-karya yang sudah ada, hingga dirasakan manfaatnya oleh banyak orang.

“Yang demikian ini telah diperintahkan dalam Firman ‘dan Katakanlah Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan,” paparnya

Lebih jauh Marsudi mengatakan, kerja, kreatif mempunyai karya cipta dan legesi yang dapat dirasakan dan nikmati dimanfaatkan orang banyak.

“Orang harus punya tinggalan dan legesi yang dibutuhkan orang banyak. Jangan sampai hidup kita usaha siang sampai malam hanya untuk memenuhi spiteng saja tidak penuh,” tutupnya

Baca Juga
Komentar
Loading...