NU Paling Pertama Hadir Bantu Warga di Lombok Barat

52

BuletinNusantara.com, Jakarta – Usai penyaluran bantuan di Lombok Utara dan Lombok Timur, ketika bencana gempa bumi mengguncang Pulau Lombok dengan kekuatan 6.4 SR pada tanggal 29 Juli, kini NU Care-LAZISNU perwakilan wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) turun ke Lombok Barat untuk kembali menyalurkan bantuan kepada warga terdampak bencana gempa bumi berkekuatan 7.0 SR yang terjadi pada Minggu (5/08) malam.

Sekretaris NU Care-LAZISNU NTB, Refreandi menuturkan, Tim NU Peduli Lombok di NTB menyerahkan bantuan ke lima lokasi di Kabupaten Lombok Barat, antara lain Desa Gelangsar, Dopang, Jeringo, Guntur macan, Kekait, dan Desa Wadon di Kecamatan Gunungsari.

“Penyerahan secara simbolik bantuan untuk korban gempa diterima oleh pejabat desa setempat. Bantuan yang disalurkan di Lombok Barat berupa makanan cepat saji, tikar, terpal,  sabun mandi, susu, biskuit, sabun cuci, dan kebutuhan logistik lainnya,” tutur Refreandi, melalui laporan tertulisnya, Selasa (7/08).

Refreandi menyampaikan, agenda penyaluran selanjutnya akan dilaksanakan di Kabupaten Lombok Utara.

“Ya, besok pagi (Rabu) kita ke Lombok Utara. Kemudian untuk bantuan berupa barang, kami terima juga. Silakan kirimkan ke alamat posko kami di Jl. Pertanian, Lingkungan Tegal Kelurahan Selagalas, Kota Mataram. Call center kami 0822 3570 0800,” papar Refreandi.

Kepala Desa Gelangsar, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Abdul Rohman menjelaskan bahwa di desanya terdapat 508 orang terdampak bencana.

“Ada rumahnya yang rusak berat dan rusak sedang. Kami atas nama pribadi dan pemerintah desa, berterima kasih kepada NU atas bantuannya,” ujar Rohman.

Sementara Sekretaris Desa Dopang, Gunungsari, Lombok Barat, Ramli Ahmad menyatakan, terdapat 835 rumah rusak berat dari jumlah 1025 rumah. Sisanya rusak ringan.

“Adapun yang meninggal dua orang. Satu di antaranya adalah perangkat desa,” jelas Ramli.

Ramli juga mengungkapkan, bantuan dari kabupaten atau dinas terkait belum ada yang masuk.

Alhamdulillah, terima kasih. Dari NU hari ini (Selasa) pertama yang mengirimkan bantuan. Terima kasih untuk Nahdlatul Ulama atas bantuan yang telah dikirimkan berupa logistik dan bantuan lainnya,” ungkap Ramli.

Ramli berharap, bantuan bisa datang dari beberapa organisasi atau dinas terkait agar dapat meringankan beban masyarakat Lombok. [Wahyu Noerhadi]

Baca Juga
Komentar
Loading...