Hari ini Jamaah Naqsabandiyah Lebaran

Padang, Buletinnusantara – Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat merayakan Hari Raya Idul Fitri pada hari ini (Senin, 4/7). Jamaah telah melaksanakan ibadah puasa terakhir bulan Ramadhan 1437 Hijriyah pada Minggu kemarin (3/7).

Elli Ujang, seorang anggota Jamaah Naqsabandiyah di Kecamatan Kuranji mengaku telah melaksanakan puasa 29 hari, dan hari Minggu yang ketiga puluh. Menurut ibu dua orang anak itu, kepercayaan tarekatnya berdasarkan perhitungan bulan atau malam sejak jauh hari.

“Kami berpuasa selama tiga puluh hari meski jadwalnya berbeda dari kebanyakan orang,” katanya seperti dilansir Antara.

Meski demikian, Elli menghormati warga lain yang masih melaksanakan ibadah puasa.

Jamaah lain, Komar, menyampaikan kegembiraannya karena telah memasuki bulan Syawal. Menurutnya, puasa terakhir hari Minggu menjadi puncak ibadah puasa yang telah dilakukan selama sebulan penuh.

“Tarawih terakhir telah dilakukan malam kemarin,” ucapnya.

Komar menilai perhitungan tarekatnya cukup konsisten dalam menentukan awal Ramadhan dan Syawal. Sejak lama Tarekat Naqsabandiyah menentukan awal bulan Qamariyah satu atau dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah.

Imam besar sekaligus Ketua Naqsabandiyah Sumbar Syafri Malin Mudo memastikan jamaah akan melaksanakan Shalat Ied pada Senin ini. Shalat digelar di Mushalla Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh tepat pukul 07.00 WIB.

(Ant)

Baca Juga
Komentar
Loading...