AIS Nusantara Gelar Kopdarnas ke-6 di Kajen Pati

Pati – Arus Informasi Santri Nusantara (AISNU) bakal menggelar Kopi Darat Nasional (KOPDARNAS) keenam pada 2-4 Desember 2022 mendatang. Agenda tahunan tersebut rencananya akan dihelat di Pesantren Maslakul Huda Kajen, Margoyoso, Pati.

 

Untuk menyemarakkan kegiatan tersebut AISNU meluncurkan beberapa kegiatan Kick Off. Dimulai dengan peluncuran logo dan bedah buku Kiai Sahal & Nyai Nafisah yang telah terselenggara di Pesantren Maslakul Huda Jumat, (28/10/22).

 

Dengan mengangkat tema “DNA Santri Bangkit Kembali” harapannya AISNU dapat menjadi wadah bagi content creator santri untuk terus aktif memproduksi konten-konten keislaman yang moderat yang sesuai dengan nilai-nilai yang didapatkan dari pesantre. Muallif Wijdan Kayis selaku Ketua KOPDARNAS ke-6 dalam sambutan peluncuran logo KOPDARNAS menjelaskan bahwa saat ini AISNU telah mengalami perjalanan tiga titik balik.

 

“Dari yang mulanya eksklusif hanya untuk mewadahi Admin Instagram Santri (AIS), hingga kemudian mengevaluasi diri dengan memperluas jangkauan menjadi Arus Informasi Santri Nusantara (AISNU) untuk menjangkau komunitas santri lain, dan akhirnya Desember 2021 merubah visi kembali dengan upaya melakukan pengembangan kapasitas santri di bidang teknologi, informasi dan komunikasi,” jelas Kayis.

 

Adapun kegiatan lain dari Kick Off KOPDARNAS ke-6 AISNU meliputi:

 

  1. Madrasah Literasi Digital, 20-30 November 2022. Road Show Sosial Media di 6 titik Pondok Pesantren dan Madrasah di Kajen dan sekitarnya.
  2. Pelatihan Sosial Media terkait materi-materi fotografi, videografi, dan desain hingga algoritma di berbagai platform, yang akan dilaksankan di Pesantren Maslakul Huda, Kajen pada Jumat, 2 Desember 2022
  3. Grand Opening Kopdarnas ke-6 dan Lailatul Kopdar, di gedung Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda, Kajen pada Sabtu, 3 Desember 2022.
  4. Talk Show dan Evaluasi Nasional AISNU pada Ahad, 4 Desember 2022.

 

 

Kegiatan KOPDARNAS ke-6 AISNU rencananya akan menghadirkan beberapa narasumber dan tokoh nasional seperti Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, KH. Abdul Ghofarrozin, Founder Narasi Najwa Shihab, Romzi Ahmad, Ahmad Kafa, Sheila Hasheena, Rifqil Moeslim, Imaz Fatimatuzzahra, dan lainnya.

 

Tuan rumah dari KOPDARNAS ke-6 AISNU ini bertepatan di Pondok Pesantren Maslakul Huda, Kajen, Margoyoso, Pati. Sebuah lembaga pendidikan Islam yang didirikan oleh KH. Mahfudh bin Abdus Salam (Ayah KH. Sahal Mahfudz) pada tahun 1910 dan saat ini diasuh secara langsung oleh KH. Abdul Ghaffar Rozin.

 

 

Baca Juga
Komentar
Loading...