Rektor Unhas Tantang Mahasiswa Ciptakan Mobil Hemat Energi

1

Makkasar, Buletinnusantara – “Sanggup siapkan mobil hemat energi untuk masyarakat desa,” begitu Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu menantang mahasiswa Fakultas Teknik dari jurusan Teknik Mesin dan jurusan Tekni Elektro saat menghadiri launching dua mobil hemat energi karya mahasiswa yang tergabung dalam Tim Anging Mammiri di pelataran rektorat Unhas.

Rencananya, dua mobil hemat energi yang berbahan bakar etanol dan kekuatan listrik akan diikutkan berlaga dalam kompetisi mobil hemat energi antar mahasiswa se-Indonesia, 21-25 Oktober mendatang di Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang. Mereka akan berkompetisi bersama 61 tim lainnya se-Indonesia.

Saat rektor cantik ini menyerukan tantangannya, sontak mahasiswa yang ikut mengerubuti dua mobil karya temannya itu berteriak siap. Mahasiswa menjawab kenapa tidak? Lalu saat ditantang lagi bahwa mahasiswa Teknik harus siapkan mobil hemat energi untuk masyarakat pedesaan itu tahun depan, kata siap lebih bergemuruh kembali.

Begitu cara ibu Rektor Unhas ini memacu semangat mahasiswanya untuk berkarya. “Kalau dalam bidang nalar, keilmiahan saya senantiasa support mahasiswa dengan catatan harus ada karya. Berapapun mereka minta,” ulasnya.

Lalu tantangannya kali ini untuk membuat mobil hemat energi buat masyarakat pedesaan, kata Dwia, itu dikarenakan mobil saat ini sangat dibutuhkan masyarakat desa khususnya yang desa-desa terpencil untuk membantu efesiensi aktifitasnya. Yang hemat energi agar lebih ramah lingkungan seperti diamanahkan dalam program pemerintah. “Dengan cara ini juga, mahasiswa bisa turut mengaplikasikan Tri Darma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Sumber : Okezone.com

Baca Juga
Komentar
Loading...