Bromo Keluarkan Asap Tebal, Namun Tetap Aman Untuk Wisata Lebaran

Probolinggo, Buletinnusantara – Akivitas vulkanik Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur masih cukup tinggi. Asap tebal putih kelabu kecoklatan keluar dari kawah Gunung Bromo. Seringkali asap ini disertai abu vulkanik tipis hingga di permukaan sesuai arah angin yang menerbangkannya. Status masih Waspada (level II). Diperkirakan kondisi ini masih akan berlangsung lama.

Pariwisata Gunung Bromo tetap dibuka untuk umum. Kondisi aman untuk wisatawan kecuali di dalam radius 1 km dari puncak kawah. Masyarakat tidak perlu takut atau khawatir dengan kondisi aktivitas vulkanik Gunung Bromo saat ini. Justru adanya erupsi kecil menjadikan wisata yang menarik untuk mesyarakat memahami gunungapi.

Kondisi pengamatan Gunung Bromo dari Pos Pengamatan Gunung Bromo PVMBG pada Rabu (29/6/2016) pukul 08.00 Wib.

Visual Cuaca cerah-mendung, angin tenang, suhu 12-19°C. Hujan gerimis-deras (45.4mm). G.Bromo jelas-kabut. Asap kawah teramati putih kelabu kecoklatan sedang-tebal, tekanan lemah-sedang, tinggi asap berkisar 200-1000 meter dari puncak kawah kearah barat-selatan. Suara gemuruh lemah-kuat. Hujan abu tipis di pos PGA.

Seistemik Tremor Amax 0.5-24mm dominan 3 mm, Status G.Bromo Waspada, Rekomendasi dalam status Waspada masyarakat G.Bromo dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif G.Bromo.(Taufik)

Baca Juga
Komentar
Loading...