Presiden Jokowi Kunjungi Kampung Masa Kecil

15

Karanganyar, Buletinnusantara – Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi kampung halamannya semasa dirinya masih kecil untuk melepas kerinduan akan kampung halamannya di Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Setibanya di lokasi pada Kamis (7/7/2016) siang, Presiden Jokowi langsung  menyapa ribuan warga yang sudah menanti di Balai Desa sejak pagi.

“Saya datang kesini pertama  kangen, karena waktu kecil saya TK, SD, SMP itu hampir setiap dua minggu atau seminggu sekali pasti datang kesini,” tutur Jokowi saat menyapa warga.

Desa Kragan adalah tempat tinggal mendiang Wiryo Miharjo atau kakek Jokowi. Disinilah Jokowi banyak menghabiskan masa kecilnya. Ia pun sempat mengenang kisah perjuangannya ketika pergi dan pulang sekolah.

Untuk bisa sekolah, setiap harinya Jokowi harus melewati sungai Kragan. Meski harus naik perahu untuk sekolah, namun Jokowi tetap bersemangat. Namun terkadang Jokowi mengaku khawatir jika air sungai Kragan sedang naik. Ia tak berani untuk menyeberang.

“Kalau (pulang) naik bus lewat Desa Keba Kramat, lalu Jalan (menuju sungai) dan melintas naik perahu, naik getek. Nyebrangnya bukan pas banjir, kalau banjir deg-degan. Apa sekarang masih ya?” Ungkap Jokowi.

Sebab itu ia meminta Pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk membuat Jembatan. Sehingga warga baik dari desa Kragan maupun Keba Kramat dapat melintasi sungai tersebut.

“Tadi sudah diusulkan pak Bupati dibuatkan jembatan, nanti di cek oleh Mentri PU. Saya enggak janji loh ya, di cek dulu, tapi jangan tergesa-gesa,” tuturnya.

Hal tersebut disambut baik oleh warga Ktragan, Cahyo (65 tahun) salah satunya. Kata dia sungai tersebut memang menjadi satu-satunya akses warga dua desa. Terlebih untuk para pedagang.

“Kalau mau pergi kemana-mana ya pakai perahu, nyebrang. Itu yang paling dekat, kalau lewat jalan jauh harus memutar dulu,” tuturnya.

Sementara itu usai menyambut warga, Jokowi juga berziarah ke makam kakeknya. Ia juga memberikan sembako dan sedekah kepada warga serta anak-anak yatim piatu. Setelah berkunjung ke Kragan, Jokowi kembali melanjutkan kegiatannya internal keluarga di  rumah Pribadinya di Sumber, Surakarta.

Baca Juga
Komentar
Loading...